Jelang 11 Tahun Usia Kotamobagu, Dinas Arsip Daerah Koleksi 375 Perwako  

banner 468x60

Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah mencatat sebanyak 375 Perwako yang diterbitkan kurun jelang 11 tahun Kotamobagu menajdi daerah otonom. foto Bambang Ginoga SE Kepala Dinas Perpustakan dan Arsip Daerah. (dok : kpc)

KOTAMOBAGU POST – Sejarah perjalanan Kota Kotamobagu dimekarkan dari Kabupaten Bolmong Induk pada tahun 2006, Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah telah mengarsipkan dokumen kearsipan penting yang mengandung nilai sejarah.

Salah satu arsip yang penting, yakni terkait dengan Peraturan Walikota atau disingkat Perwako.

Kota Kotamobagu yang sudah tiga kali dipimpin oleh Walikota, mulai dari Pejabat Pemangku Sementara (PPS) DR HC.Drs Hi.Siswa Rahmat Mokodongan, Walikota Drs H.Djelantik Mokodompit dan Walikota Ir Tatong Bara, rupanya ketiga Walikota ini telah menerbitkan 375 Perwako.

“Jumlah arsip statis sepanjang Kota Kotamobagu dimekarkan dari Kabupaten Bolmong pada 10 tahun silam, sampai hari ini sudah sebanyak 375 Perwako yang diterbitkan,” kata Bambang Ginoga, kepada wartawan Kotamobagu Post, Senin (12/09/2017) diruang kerjanya.

Selain itu, kata Ginoga Dinas Arsip Daerah juga telah menyimpan arsip daerah berupa dokumen pemerintah daerah, seperti Dokumen Laporan Pertanggungjawaban Akhir Masa Jabatan Walikota dan Wakil Wali Kota Tahun 2008 sampai Tahun 2013 dan Demikian pula Dokumen Laporan Penyelenggaran Pemerintah Daerah LPPD) Tahun 2007 sampai 2015.

“Dinas Kerasipan Daerah saat ini terus mengumpul dokumen-dokumen penting sebagai arsip pemerintah, dan juga untuk masa mendatang dokumen itu akan menjadi sejarah tentang pemerintahan di masa kini,” kata Ginoga. (tim kpc/lex)

Related Search

Category: Breaking News, KotamobaguTags:
Email Autoresponder indonesia
No Response

Leave a reply "Jelang 11 Tahun Usia Kotamobagu, Dinas Arsip Daerah Koleksi 375 Perwako  "