Alasan MenPan RB Pilih Kotamobagu dari 514 Daerah di Indonesia

banner 468x60
banner 160x600

Aplikasi e-Performance Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah akan segera diterapkan di seluruh daerah se Indonesia

KOTAMOBAGU POST – “Launching Aplikasi e-Performance secara Nasional akan dilaksanakan tanggal 17 Juli 2017, di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Jakarta. Nanti launching pertama khusus Kabupaten dan Kota, saya percayakan kepada Kota Kotamobagu sebagai lokasinya,” kata Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Revormasi Birokrasi (MenPan-RB), Dr. Asman Abnur, SE, MSi.

Kepada Pemerintah Kotamobagu MenPan juga berpesan agar segala sesuatu terkait pelaksanaan kegiatan tersebut segera disiapkan,  “Dan saya langsung yang akan me-launching aplikasi tersebut di Kota Kotamobagu,” kata MenPAN-RB, saat bertatap muka dengan pejabat Pemkot Kotamobagu dipimpin Walikota Tatong Bara pada Kamis (13/07/2017) di Kantor Kementerian PAN-RB, Jakarta.

Terkait alasan penunjukan Kota Kotamobagu, ternyata tak terlepas dari prestasi yang digurat Pemerintah Kota Kotamobagu dibawah nahkoda Walikota Ir Tatong Bara.

Pertimbangan MenPan-RB mempercayakan Kota Kotamobagu dari total 514 Kabupaten/Kota di Indonesia sebagai Daerah yang kan menggelar lounching perdana Aplikasi e-Performance Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, atas prestasi berturut yang diraih Kota Kotamobagu.

“Sudah 4 tahun berturut-turut kita (Kotamobagu) meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD),” kata Walikota Tatong Bara.

Kemudian alasan lain menurut Walikota Kotamobagu ini, nilai Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Kota Kotamobagu, dimana progresif mulai tahun 2014 hingga 2016.

“Jika tahun 2014 Kotamobagu meraih nilai C, tahun 2015 nilai CC, dan di 2016 nilai kita sudah B,” ujar Walikota Tatong Bara.

Prestasi lain yang menjadi alasan ditetapkan Kotamobagu, yakni kerangka reformasi birokrasi diterapkan Pemerintah Daerah Kotamobagu; melalui beberapa aplikasi, seperti e-planning, e-monev, e-database, sicaca, e-tax, data e-office. Ini beberapa hal yang menjadi penilaian langsung Pak Menteri terhadap Kota Kotamobagu.

Terkait dengan penunjukan MenPan RB bagu Kota Kotamobagu sebagai Daerah yang tempat launching perdana se-Indonesia, menurut Tatong Bara merupakan kebanggan Pemerintah dan Masyarakat.

E-Performance aplikasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah yang bertujuan untuk memudahkan proses pemantauan dan pengendalian kinerja dalam rangka peningkatan akuntabilitas dan kinerja unit kerja. Sistem ini akan diberlakukan di seluruh daerah di Indonesia dan daerah kita dipilih tempat launching perdana,” papar Tatong Bara. (audie kerap/sumber : diskominfo kk)

Category: Breaking News, KotamobaguTags:
Email Autoresponder indonesia
No Response

Leave a reply "Alasan MenPan RB Pilih Kotamobagu dari 514 Daerah di Indonesia"