Pesta Rakyat Ala Walikota Ir Tatong Bara, dari Kotamobagu Expo, Rekor 5000 Gelas Kopi, Festival Kuliner, hiburan Paramitha Rusady

Paramitha Rusadi saat menghibur masyarakat Kotamobag yang tumplek di Lapangan Molinow pada momen Pesta Rakyat Usia Satu Dekade Kota Kotamobagu di prakarsai oleh Walikota Ir Tatong Bara

KOTAMOBAGU POST – Satu dekade usia Kotamobagu, membawa kesan tak terlupakan bagi 130 ribu jiwa penduduk Kota Kotamobagu. Walikota Ir Tatong Bara sebagai penggagas event pesta rakyat, pada malam 23 Mei 2017 mampu menyedot sekira 50 ribu pengunjung dalam 3 malam ajang hiburan digelar.

Laporan : Tim kotamobagu post – Lapangan Molinow -Kotamobagu

Lapangan Kelurahan Molinow Kecamatan Kotamobagu Barat, adalah pusat digelarnya Pesta Rakyat. Dimana, pada hari sabtu tanggal 20 Mei, telah diawali dengan pembukaan kegiatan Kotamobagu Expo 2017.

Jika menarik rasio di lokasi Lapangan Molinow, tempat ini pernah digunakan lokasi kampanye dari Hamdy Paputungan Benny Rhamdani atau HP-Brani pada ajang Pilwako tahun 2008, yang mencatat sedikitnya 25 ribu massa, tumplek di kawasan ini. Gambaran pesta rakyat versi Walikota Tatong Bara, masyarakat pengunjung hamper 2 kali lipat kepadatannya.

Lebih dari 60 Stand Pameran berdiri di lokasi pesta rakyat dengan menggunakan ruas jalan selebar 18 meter. 60 stand yang ditempati oleh berbagai pelaku usaha, SKPD lingkungan Pemkot Kotamobagu, BUMN/BUMD ini, berdiri dua deretan, dibagian tengah sekitar 7 meter, diberikan ruang bagi pengunjung pameran.

Sementara disebelah utara lapangan Molinow, jalan protocol seluas 20 meter dan sepanjang lapangan sepak bola molinow, diperuntukan bagi penjualan kuliner, mulai dari masakan padang, masakan lamongan, Bakso, Coto, Gule Kambing, Gado-gado, sate ayam, serta berbagai jualan menu gorengan, seperti ubi, pisang, milu rebus.

Nah, sejak dibuka resmi oleh Walikota Ir Tatong Bara pada malam minggu atau tiga hari sebelum digelarnya pesta rakyat 23 mei, artis Ibu Kota telah tampil menghibur pengunjung pameran.

Membludaknya masyarakat di areal pameran, telah berdampak keuntungan tersendiri bagi sekitar 40 klontong penjualan  makanan. Rata-rata pemilik klontong makanan, mampu menjual hingga 100 piring makanan. Bahkan selang 3 hari pameran Kotamobagu Expo digelar, telah memberikan konstribusi uang parkir bagi warga dilokasi, dengan tarif motor Rp5000 dan mobil Rp10.000 per-unitnya.

Ruas jalan pintu masuk di depan stand pameran, dipenuhi ribuan warga yang berdesakan lalulalang, memenuhi ruas penjualan kuliner, bahkan lapangan Molinow disesaki warga. Tak hanya itu, ruas jalan utama penghubung menuju pusat Kotamobagu, macet total. Ribuan kendaraan terjebak, tertatih-tatih dari Jalan Adampe Dolot hingga 1 kilometer diujung jalur dua ruas jalan Kelurahan Mongkonai.

Rekor minum 5000 gelas kopi khas Kotamobagu mendahului pesta rakyat yang digagas oleh Walikota Ir Tatong Bara

Dahsyatnya lagi, kosentrasi masyarakat hilir mudik masuk kedalam lokasi pameran yang kepingin juga menonton goyangan artis Ibu kota Cita-Citata, memadati ruas jalan atau lorong keluar masuk di Kelurahan Mongondow dan jalan utama di Kelurahan Motoboi Besar. Maklum, dua kelurahan itu, berbatasan dengan Kelurahan Molinow, tempat kegiatan berlangsung.

Diperkirakan, ada seribu kendaraan berbagai jenis terpakir di kawasan lokasi pameran dimana artis Ibu kota juga tampil menghibur. Parkiran berdesakan mulai dari seluruh ruas jalan Kelurahan Molinow, hingga sebagian ruas jalan Kelurahan Mongondow dan Kelurahan Motoboi Besar.

Pengunjung terpaksa memarkir kendaraan mereka cukup jauh dari lokasi Lapangan Molinow, sebab tidak kebagian tempat parkir lagi.

Suasana ini semakin padat saja, pada momen pelaksanaan pesta rakyat pada selasa malam tanggal 23 Mei 2017. Sebab, selain event Kotamobagu Expo, juga beberapa event di gebyar jelang penutupan pameran.

Walikota Ir Tatong Bara saat tampil bersama Paramitha Rusadi Menghibur masyarakat Kotamobagu

Usai upacara HUT Kotamobagu dipimpin oleh Walikota Ir Tatong Bara di Lapangan Boki Hontinimbang, Walikota dan rombongan pukul 03.00 Wita telah berada di lokasi Lapangan Molinow.

Tampak sejumlah event bergensi, yakni Festival Kuliner Khas Kotamobagu, Festival Kesenian Kotamobagu, serta gebyar minum kopi bersama dengan rekor 5000 gelas kopi khas kotamobagu, malam grand final Uyo dan Nanu serta Pameran Kotamobagu Expo 2017, menjadikan momen indah tak terlupakan pada peringatan ultah Kota Kotamobagu tahun 2017 ini.

Event ini menarik perhatian masyarakat Kotamobagu, sebab sejak sore hari, pengunjung makin sulit mendapat lokasi parkiran kendaraan, pintu masuk keluar berdesakan dan sesak, hingga lapangan Molinow-pun, disesaki sedikitnya 5000 warga.

Tampilnya  artis Ibu kota Paramitha Rusadi memang memberi hiburan tersendiri, ditambah lagi Walikota Ir Tatong Bara, memprakarsai pesta kembang api untuk kemeriahan pesta rakyat merayakan Ultah satu dekade kota Kotamobagu. (****/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.