4 April, TNI Gelar Pergeseran Pasukan ke Kabupaten Bolmong

banner 468x60
banner 160x600

Pasukan TNI Kodim 1303 Bolmong yang sudah siap melaksanakan TMMD Ke 98 (foto ; dok kodim 1303/tmmd.kotamobagu post)

KOTAMOBAGU POST – Pasukan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Komando Resort Militer (Korem) 131 Santiago wilayah Teritorial Kodam XIII Merdeka, akan melakukan pergeseran pasukan ke Kabupaten Bolmong.

Pergeseran pasukan ini akan dilaksanakan pada tanggal 04 April 2017 atau sehari sebelum upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-98, dalam rangka karya bhakti sosial TNI yang akan dilaksanakan terhitung 30 hari kerja, di wilayah Kabupaten Bolmong.

Informasi diperoleh Kotamobagu Post, sekira 150 pasukan TNI berasal dari Korem 131 Santiago, 25 diantaranya yakni para tenaga penyuluh dari kalangan sipil yang akan terlibat langsung pada kegiatan TMMD Ke-98.

Pasukan yang akan diterjunkan ke lokasi kegiatan TMMD Ke-98 tersebut  yakni dari pasukan TNI Angkatan Darat, pasukan Armada Medan Tempur (Armed), Seni Tempur (Sipur), Kavaleri, pasukan TNI Angkatan Laut dan pasukan TNI Angkatan Udara.

“Pergeseran pasukan akan final tiba secara keseluruhan di Kabupaten Bolmong tanggal 04 April 2017. Total pasukan sebanyak 150 orang yang akan mengambil bagian dalam kegiatan TMMD Ke-98 di Kabupaten Bolmong,” kata Dandim 1303 Bolmong, Letkol Inf.Sampang Sihotang menjawab pertanyaan wartawan minggu malam (02/03/2017).

Informasi dirangkum, kegiatan TNI pada TMMD Ke-98,  akan melaksanakan berbagai kegiatan manunggal TNI bersama rakyat meliputi kegiatan fisik dan nonfisik, juga masih ditambah dengan sedikitnya 300 anggota Kodim 1303 Bolmong yang akan terjun langsung dalam TMMD.

Selain pasukan anggota TNI , TMMD Ke-98 akan dibantu oleh jajaran  anggota Polres Bolmong, dimana surat permintaan anggota polisi untuk bekerja sama dengan TNI dalam kegiatan TMMD Ke-98, sudah dilayangkan TNI ke pihak Polres Bolmong dalam rangka mensukseskan tugas mulia TMMD.

Demikian pula pihak Pemerintah Kabupaten Bolmong lintas instansi berkompeten, semisal Badan Narkoba, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian dan Dinas Sosial akan terlibat langsung dalam kegiatan TMMD khususnya kegiatan penyuluhan hukum, pembagian sembako, pelayanan kesehatan gratis yang nantinya akan bersama 25 tenaga sipil yang akan melaksanakan penyuluhan bagi masyarakat desa di seluruh kawasan lokasi TMMD ke-98.

Diketahui untuk pekerjaan fisik kegiatan TMMD Ke-98, TNI akan mengerjakan perbaikan badan jalan sepanjang 18 kilometer yang menjadi akses jalan penghubung Kecamatan Bilalang menuju Kecamatan Poigar.

Jalan sepanjang 18 kilometer ini, adalah akses penghubung yang mengisolasi sejumlah desa di Kecamatan Poigar Kabupaten Bolmong, yang hingga kini membuat masyarakat dibeberapa desa itu, kesulitan mengakses rumah sakit serta untuk memasarkan hasil bumi mereka.

Bahkan dilaporkan, ada kasus wanita hamil menderita keguguran kandungan bayinya saat dalam perjalanan keluar dari desa mereka menuju tempat pelayanan kesehatan. Hal ini diakibatkan, akses jalan yang mengisolasi sejumlah desa, umumnya tak layak dilalui kendaraan.

Selain itu, kegiatan TMMD juga akan merenovasi bangunan Masjid dan Gereja yang membutuhkan perbaikan dan pembangunan sejumlah bangunan Mandi Cuci Kakus (MCK) serta rehabilitasi sejumlah rumah penduduk yang tak layak huni. (audie kerap)

Category: Bolmong, Breaking News, Daerah, Etalase, Featured News, In Depth, Sulawesi Utara
Email Autoresponder indonesia
No Response

Leave a reply "4 April, TNI Gelar Pergeseran Pasukan ke Kabupaten Bolmong"