Presiden Berganti, Kebijakan AS di Asia Dipastikan Sama

banner 468x60
banner 160x600
Trump dan Klinton

Trump dan Klinton

KOTAMOBAGUPOST.COM – Pergantian presiden tahun depan, tak akan pengaruhi hubungan kerja AS dengan Negara di Asia Pasifik. Pejabat tinggi Amerika Serikat meyakini hubungan kerja sama negaranya dengan Asia Pasifik akan tetap terjaga

“Saya percaya politik luar negeri AS akan tetap konsisten walaupun dengan pemerintahan baru pada tahun mendatang. Fokus kami masih tetap sama yakni memperhatikan negara-negara berkembang khususnya di Asia Pasifik,” ujar Deputi Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat untuk Asia Tenggara W. Patrick Murphy.

Berbicara di Jakarta, Kamis (20/10), Murphy menegaskan bahwa pemerintahan yang baru nanti tidak akan banyak mengubah esensi politik luar negeri AS yang telah ditetapkan, khususnya di kawasan Asia Pasifik.

Dia melanjutkan, ikatan AS dengan negara di Asia Pasifik bukan sebatas politik saja, melainkan terwujud dalam bentuk konkret kerja sama dan upaya bersama mengatasi isu-isu global.

Khusus Indonesia, Murphy menjamin hubungan antar kedua negara akan terus dijaga. Ia menyatakan, hubungan AS-Indonesia merupakan salah satu contoh konsistensi kebijakan pemerintahan Presiden Barack Obama di kawasan.

Dalam pemerintahan Obama, kawasan Asia Pasifik menjadi salah satu fokus utama politik luar negeri AS, terutama demi menandingi pengaruh China di kawasan tersebut.

“kita (AS-Indonesia) memiliki ikatan kuat sejak bertahun-tahun lalu, karena hubungan kedua negara merupakan simbol penyeimbang politik AS di Asia ,” kata Murphy.

Murphy berujar, ke depan fokus AS di Asia Pasifik tidak hanya membangun dan memperkuat kerja sama antar pemerintah negara di Asia Pasifik, tapi juga memperluas ikatan kerja sama tersebut pada tingkatan antar pengusaha dan individu.

“AS dan negara Asia Pasifik telah mendapatkan banyak manfaat dari kerja sama yang telah terjalin selama ini. Kami berniat untuk terus memperkuat kerja sama yang telah ada untuk memaksimalkan manfaat itu,” ucap Murphy. (lex)

Sumber: (bbc)

Category: InternasionalTags:
Email Autoresponder indonesia
author
i am what i am
No Response

Leave a reply "Presiden Berganti, Kebijakan AS di Asia Dipastikan Sama"