Dinas Kesehatan Sosialisasi Cegah Flu Burung 

banner 468x60
banner 160x600
Masyarakat Kota Kotamobagu diimbau mewaspadai virus Flu Burung

Masyarakat Kota Kotamobagu diimbau mewaspadai virus Flu Burung

KOTAMOBAGUPOST.COM- Bahaya Virus Flu Burung atau Virus H5N1 adalah salah satu subtipe virus influenza yang menyebabkan penyakit flu burung, saat ini gencar disosialisasikan oleh Pemerintah Kota Kotamobagu.

Kepala Dinas Kesehatan Nurjanah Masloman, melalui Sekretaris Ahmad Yani, kepada sejumlah wartawan Senin (17/10/2016) mengatakan, saat ini pihak Dinas Kesehatan melakukan sosialisasi baik langsung maupun  tidak langsun kepada masyarakat mengenai bahaya flu burung.

“Sosialisasi ini dilakukan guna mengantisipasi penyebaran penyakit flu burung kepada masyarakat khsusnya di Kota Kotamobagu,” kata Ahmad Yani.

Menurutnya, dalam sosialisasi ini warga dibekali agar bagaimana dapat mengetahui gejala-gejala flu burung. Contohnya, seperti demam, panas tinggi, sakit tenggorokan, batuk pilek, sakit kepala dan sesak nafas.

“Jika ada tanda-tanda flu burung, segera berobat di Puskesmas terdekat atau langusng saja ke rumah sakit,” imbaunya.

Yani juga mengingatkan kepada masyarakat atau peternak unggas (ayam dan itik), jika menemukan ada unggas yang mati mendadak agar jangan langusng menyentuh bangkai unggas tersebut.

“Hindari kontak langsung dengan unggas. Jika harus kontak, maka gunakanlah sarung tangan karet dan masker,” ucapnya.

Untuk para peternak unggas, sebaiknya lokasi kandang ternak dibuat berjauhan dengan tempat tinggal.

“Bagi peternak yang memiliki kandang, supaya selalu merawat dan membersihkan kandang dengan menggunakan desinfektan setiap hari,” ajaknya. (indra maindoka/BMC)

Category: Terkini
Email Autoresponder indonesia
No Response

Leave a reply "Dinas Kesehatan Sosialisasi Cegah Flu Burung "

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.