KPUD Bolmong Gelar Bimtek Bagi PPS di 15 Kecamatan

banner 468x60
banner 160x600
KPUD Bolmong Gelar Bimtek Bagi PPS 15 Kecamatan Se Kabupaten Bolmong

KPUD Bolmong Gelar Bimtek Bagi PPS 15 Kecamatan Se Kabupaten Bolmong

 

KOTAMOBAGU POST – Guna mensukseskan tahapan Pilkada Bolmong yang sudah akan masuk pada pemuktahiran data pemilih, Komisi Pemilihan Umum Daerah ( KPUD) Bolmong, menggelar Bimbingan Teknis bagi Panitia Pemungutan Suara (PPS)

Bimtek yang secara marathon dilaksanakan di 15 Kecamatan Se-Kabupaten Bolmong tersebut, ditargetkan berakhir medio Agustus 2016.

Materi Bimtek yang disampaikan terkait dengan pemuktahiran data pemilih yang akan dimulai dengan pencocokan dan penelitian (Coklit) oleh Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) di setiap desa.

“Diharapkan, dengan Bimtek ini coklit akan dilaksanakan sesuai dengan peraturan, dan menghasilkan data pemilih yang benar-benar bersih dari Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sebagai data pemilih,” kata Ketua Divisi Data KPUD Bolmong, Isnaidin Mamonto.

Dikatakan pemuktahiran data pemilih ini akan dimulai dengan proses coklit oleh PPDP pada 8 September hingga 7 Oktober 2016. “PPS dibekali dengan tatacara Coklit yang nantinya akan disampai kepada PPDP,” ujarnya.

Ketua Divisi Sosialisasi dan SDM, Daendels Somboadile, mengatakan kegiatan Bimtek anggota PPS ini bertujuan memberikan pemahaman tentang tata cara verifikasi terhadap pemilih.

Data yang dijadikan dasar untuk kegiatan pemutakhiran daftar pemilih setelah dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) dikarenakan tidak lagi memenuhi syarat sebagai pemilih, sehingga harus dikeluarkan dari DPT atau Daftar Pemilih TetapTambahan (DPTb-1).

“Proses kegiatan pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan dapat menggunakan aplikasi Sidali.  Pihak KPUD terus melakukan supervisi proses pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan dan melaporkan perkembangan proses tersebut ke KPU RI,” katanya. (infotorial kpud bolmong)

Category: Politik
Email Autoresponder indonesia
No Response

Leave a reply "KPUD Bolmong Gelar Bimtek Bagi PPS di 15 Kecamatan"