Dihadapan Tokoh Masyarakat dan Pemuka Adat, KPU Bolmong Sosialisasi

banner 468x60

deamndels
KOTAMOBAGUPOST.com, Bolmong – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), secara bergilir datangi setiap Kecamatan guna Sosialiasai Tahapan Program dan Jadwal Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow pada Tokoh Masyarakat dan Pemuka Adat untuk mempublikasikan tahapan penyelenggaraan 2017 mendatang.

Sosialisasi yang dimotori Divisi SDM dan Sosialisasi KPU Bolmong menyusur di Desa yang ada di Kecamatan Bilalang, Selasa (23/08). Menariknya, penyampaian informasi Pilkada dilakukan dengan bahasa daerah ( mongondow).

Menurut Komisioner KPU Bolmong, Daendels Somboadile mengatakan, KPU mencoba lebih dekat dengan masyarakat, sehingga lebih mengedepankan budaya setempat.

” Kami inginkan agar informasi tentang tahapan ini menyebarluas dan targetnya kepada pemilih di desa-desa ,” ujar Daendels.

Materi yang disampaikan dalam sosialisasi tersebut terkait dengan sonsoma (undangan red) KPU Bolaang Mongondow kepada masyarakat untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pada 15 Februari 2017.

KPU Bolmong sendiri dibantu oleh pemerhati budaya muda Bolaang Mongondow Arman Mokoginta. Dalam bahasa adat Bolaang Mongondow, Arman mengatakan Igay don kita mo mili’ (ayo kita memilih red) yang terpampang di maskot KPU adalah sebuah undangan untuk berpartisipasi dalam Pilkada.

” Itu adalah bentuk undangan. di masyarakat Bolaang Mongondow, setiap ada hajatan maka harus diundang. Maka kalimat dalam bahasa Mongondow tersebut adalah bentuk undangan ,” kata Arman dengan bahasa Mongondow.

Secara teknis Komisioner KPU Bolaang Mongondow, Isnaidin Mamonto, juga menyampaikan dengan bahasa adat daerah. Sehingga, puluhan tokoh masyarakat, tokoh agama dan pemerintah desa se-Bilalang dan Pangian mampu menjembatani ajakan Pilkada hingga ke masyarakat lapisan bawah.

” Kita akan coba menyampaikan tahapan dengan bahasa adat sebagai bentuk penghargaan kita kepada masyarakat Bolaang Mongondow. Pasti cara ini efektif sebagai penyebaran informasi ,” ujarnya.

Sosialisasi tersebut juga dihadiri Komisioner KPU Bolmong, Lilik Mahmuda, dan lima personil PPK Bilalang berserta staf sekertariat KPU Bolaang Mongondow.(Tn/ Tim Kotamobagu Post)

Related Search

Category: Bolmong, Sulawesi Utara
Email Autoresponder indonesia
author
i am what i am
No Response

Leave a reply "Dihadapan Tokoh Masyarakat dan Pemuka Adat, KPU Bolmong Sosialisasi"