Depri Pontoh Siapkan Program Berantas Kemiskinan Tahun 2017   

banner 468x60
banner 160x600
Bupati Bolmut Depri Pontoh saat duduk berdampingan dengan Bupati pertama Bolmut Drs Hironimus Rompas Makagansa (dok tribun manado)

Bupati Bolmut Depri Pontoh saat duduk berdampingan dengan Bupati pertama Bolmut Drs Hironimus Rompas Makagansa, disela sela acara BPK Sulut di Manado belum lama ini.  (dok tribun manado)

KOTAMOBAGU POST – Angka kemiskinan di Kabupaten Bolmong Utara hinga tahun 2015 lalu tercatat sebanyak 6.516 Jiwa atau presentasi dari populasi penduduk yakni masih diatas 8,61 persen.

Angka ini tentunya mengalami penurunan lumayan signifikan dibandingan  medio tahun 2014, masih diatas 9,32 persen.

Kondisi ini membuat Bupati Bolmut Drs Depri Pontoh sedang menyiakan seluruh kemampuannya untuk memasukan program prioritas pembenatasan kemiskinan ditahun 2017 nanti.

“Penanggulangan kemiskinan dengan prioritas pembangunan yakni, pemenuhan kebutuhan dasar warga miskin, pemantapan pemberdayaan ekonomi warga miskin, pemantapan penurunan angka pengangguran, dan peningkatan aksebilitas kualitas serta kuantitas sarana prasarana infrastuktur,” tutur Bupati Bolmut.

Dikatakan, peningkatan pelayanan pendidikan, kesehatan, hingga peningkatan ketahanan pangan meliputi; Pertanian, Peternakan dan Perikanan, akan dilaksanakan secara optimal, agar kemiskinan di daerah akan semakin berkurang, sebagai indikasi kian sejahteranya masyarakat.

Diketahui, persentase penduduk miskin di Bolaang Mongondow Utara lebih kecil jika dibandingkan dengan Provinsi Sulawesi Utara secara keseluruhan yang mencapai 8,98 persen, dan secara nasional yang mencapai angka 11,13 persen.

Diungkapkan Bupati, program pembangunan tahun 2017 yang salah satunya bertujuan memerangi kemiskinan, telah melalui musyawarah ditingkat desa dan kecamatan melibatkan semua stakeholders yang ada, sehingga dapat dijamin keberhasilannya mengingat perencanaannya mengedepankan prinsip partisipatif, bottom up planning, demokratis dan transparan.

Kepala Bappeda Bolaang Mongondow Utara Leksi Talibo menambahkan program pembangunan yang akan dilaksanakan tahun depan, semangatnya sesuai dengan tema musrenbang, yakni Memantapkan Pembagunan Infrastruktur Dasar dan Ekonomi Guna Meningkatkan Daya Saing Daerah Untuk Kesejahteraan Rakyat.

”Lewat suksesnya program pembangunan tersebut, diharapkan Bolaang Mongondow Utara nantinya bisa menjadi daerah yang mandiri, sejahtera dan berbudaya,” pungkasnya. (AJK/sumber : tribunmanado)

Category: Bolmut
Email Autoresponder indonesia
No Response

Leave a reply "Depri Pontoh Siapkan Program Berantas Kemiskinan Tahun 2017   "