Hanya 6 Wartawan Boltim ‘Lulus’ UKW oleh Tim Punguji Dewan Pers  

banner 468x60
banner 160x600
Tim Penguji Dewan Pers, Usman Yatim yang juga Direktur Uji Kompetensi Wartawan PWI Pusat dalam sambutannya pada kegiatan UKW di Boltim.

Tim Penguji Dewan Pers, Usman Yatim yang juga Direktur Uji Kompetensi Wartawan PWI Pusat dalam sambutannya pada kegiatan UKW di Boltim.

KOTAMOBAGU POST – Pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW)  yang digelar oleh Tim Penguji Dewan Pers dan PWI Provinsi Sulut di Vila Tobongan di Kecamatan Modayag Kabupaten Boltim(16/05/2016), meninggalkan kesan suka duka bagi 11 peserta UKW wartawan asal Boltim dan Bolmut.

Tercatat, ada 8 wartawan tugas liputan biro Kabupaten Boltim mengikuti UKW yang juga ditutup resmi oleh Wakil Bupati Boltim Rusdy Gumalangit, dan oleh tim penguji UKW Dewan Pers menyatakan hanya ada orang wartawan yang dinyatakan berkompoten atau lulus.

Sebanyak 6 orang wartawan yang dinyatakan berkompeten atau lulus itu, ikut dalam dua kelas yakni tingkat muda dan tingkat madya. “Kami menyatakan bukan tidak lulus, tapi belum kompoten saat mengikuti Ujian. Bersabarlah nanti kesempatan ikut lagi, pada 6 bulan kedepan,” kata Djunaedi Agus, Tim Penguji Dewan Pers saat membacakan hasil UKW.

Menurut figure yang masuk dalam kelompok kerja Dewan Pers, saat membacakan hasil akhir Ujian Kompetensi Wartawan. dari total peserta 8 orang wartawan Tingkat Muda dan Tingkat Madya, hanya ada 6 orang yang dinyatakan berkompoten dalam Uji Kompetensi Wartawan kali ini ucap.

Ditambahkan, bagi yang belum berkompten maka wartawan tersebut bisa ikut lagi ujian selang waktu 6 bulan kedepan. Sedangkan bagi yang baru lulus ujian ditingkatan Muda, maka aturannya baru bisa mengikuti ujian Madya setelah 2,5 tahun kedepan.

Sementara itu, Direktur UKW PWI Pusat Usman Yatim dalam sambutannya mengatakan, UKW adalah program kerja PWI dan Dewan Pers untuk menciptakan wartawan yang berkompeten dan profesional dalam tugas-tugas kewartawanan sebagaimana peraturan dewan pers.

“Kegiatan UKW di Kabupaten Boltim ini adalah kegiatan Dewan Pers. Kami datang melakukan ujian bagi wartawan disini atas nama Dewan Pers,” kata Yatim, yang juga kapasitasnya tim penguji UKW Boltim.

Senada hal itu, Ketua PWI Sulut menyampaikan terimakasih kepada dua tim penguji Dewan Pers yang sudah memenuhi undangan PWI Sulut guna melaksanakan UKW di Kabupaten Boltim dalam angkatan ke-1 Boltim  dan angkatan ke-6 di Provinsi Sulut.

“Setelah suksesnya kegiatan ini, maka bulan Juli 2016 ini, PWI Sulut juga akan menggelar UKW di Kabupaten Bolmong Induk. Pelaksanaannya kemungkinan akan mendatangkan 2 atau tiga tim pengunji dewan pers. PWI Sulut sudah mengangkat Panitia Pelaksana UKW di Kabupaten Bolmong,” kata Ketua PWI Sulut, Voucke Lontaan, disela-sela sambutannya.

Diketahui, ada 2 wartawan Bolmong Utara yang merencanakan ikut UKW di kelas Madya dalam kegiatan tersebut. Namun kedua wartawan yang sudah lulus mengantongi sertifikat muda dewan pers itu, dinyatakan belum memenuhi syarat ikut dalam kelas UKW tingkat Madya. Sebab keduanya baru sebulan lulus dalam UKW Tingkat Muda, sehingga masih membutuhkan waktu 2,5 tahun kedepan untuk bisa mengikuti Ujian Tingkat Madya (audy kerap)

Category: Bolmut, Boltim, Breaking News, Nasional, Terkini
Email Autoresponder indonesia
No Response

Leave a reply "Hanya 6 Wartawan Boltim ‘Lulus’ UKW oleh Tim Punguji Dewan Pers  "