Mega Proyek Waduk dan Bandara, Masa Kepemimpinan Bupati Salihi Mokodongan

banner 468x60
banner 160x600
Bupati Bolmong Salihi Mokodongan bapak pembangunan

Bupati Bolmong Salihi Mokodongan.

KOTAMOBAGU POSTHi.Salihi B.Mokodongan adalah Bupati ke-14 Kabupaten Bolaang Mongondow Provinsi Sulawesi Utara, yang mencatat prestasi membanggakan. Sebab di era kepemimpinannya, Kabupaten Bolmong sukses membangun dua fasilitas publik berupa Waduk dan Bandara Udara.

Pembangunan Waduk raksasa yang nantinya akan mendorong perekonomian rakyat Bolmong ini, merupakan waduk satu-satunya di Provinsi Sulawesi Utara. Waduk ini telah mulai dibangun oleh PT Perumahan Rakyat di Kecamatan Lolak, tepatnya di Desa Pindolili.

Waduk ini memiliki bentangan sepanjang 660 meter dan tinggi tembok penampung air yakni 220 meter dengan luas kurang lebih 10 hektare persegi. Waduk ini dapat menampung debit air sebanyak kurang lebih 16 juta kubik.

Pembangunan Waduk yang merupakan proyek oleh Presiden Joko Widodo ini, berbanderol Rp850 Miliar bersumber dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBN) Tahun 2015. Waduk ini dipastikan akan mengairi puluhan ribu hektar areal persawahan di kawasan Kecamatan Lolak, menjadi sumber air bersih masyarakat serta akan berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga air dengan kapasitas 3,5 Megawatt.

Selain pembangunan Waduk Raksasa ini, Bandar Udara bertaraf Nasional juga siap dibangun di Desa Lalow Kecamatan Lolak. Bandara ini telah mendapatkan persetujuan dari pemerintah pusat dan sudah melengkapi semua dokumen visiblity study, dokumen analisa dampak lingkungan serta pembebasan lahan yang dilakukan melalui kerja keras para pejabat berkompoten di bawah keseriusan Bupati Salihi Mokodongan.

Bandar Udara yang memiliki bentangan landasan pacu sepanjang 2200 meter ini, akan menjadi bandara yang setaraf dengan bandar udara di daerah Balipapan dan Bali, dimana kedua Bandara ini merupakan Bandara yang langsung berhadapan dengan pesisir pantai. Bandara ini akan menjadi satu-satunya fasilitas transportasi yang akan meningkatkan perekonomian bukan hanya bagi Kabupaten Bolmong, namun juga dampak positif bagi peningkatan pertumbuhan kesejahteraan rakyat di Kabupaten Bolsel, Kabupaten Bolmut, Kabupaten Boltim dan Kota Kotamobagu.

Bupati Bolmong Salihi Mokodongan mengatakan, seluruh dokumen persyaratan pembangunan Bandara Udara di Lalow, telah siap. “Saat ini Pemerintah Daerah tinggal menunggu proses Ijin Mendirikan Bangunan Bandara (IMBB) dari Kementerian Perhubungan Darat dan insyaalah, anggaran pembangunan bandara akan masuk dalam APBN Perubahan Tahun 2016 ini. Kita doakan saja,” kata Bupati Salihi B.Mokodongan. (Infotorial Humas Pemkab Bolmong)

Category: Bolmong
Email Autoresponder indonesia
No Response

Leave a reply "Mega Proyek Waduk dan Bandara, Masa Kepemimpinan Bupati Salihi Mokodongan"